Our Project

Our Project

Tuesday, October 27, 2015

Off Grid VS Grid Tie


Off Grid System

Off Grid System merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya untuk daerah-daerah terpencil/pedesaan yang tidak terjangkau oleh jaringan PLN. Off Grid System disebut juga Stand-Alone PV system yaitu sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai satu-satunya sumber energi utama dengan menggunakan rangkaian photovoltaic modul (Solar PV) untuk menghasilkan energi listrik sesuai dengan kebutuhan. Sistem off grid umumnya digunakan pada daerah/wilayah yang jauh / tidak terjangkau jaringan listrik (PLN).. Beberapa produk off grid system diantaranya SHS (Solar Home System), PJUTS, dan PLTS Komunal untuk system berskala besar.

On Grid System

On Grid /Grid Tie System, Sistem ini menggunakan solar panel (panel photovoltaic) untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Dengan adanya sistem ini akan mengurangi tagihan listrik rumah tangga, dan memberikan nilai tambah pada pemiliknya.

Rangkaian sistem ini akan tetap berhubungan dengan jaringan PLN dengan mengoptimalkan pemanfaatan energi dari panel surya untuk menghasilkan energi listrik semaksimal mungkin.

Umumnya pembangkit listrik tenaga surya ada 2 macam tipe utama :
1.Tipe Off Grid atau OG (independen, tidak memerlukan jaraingan PLN).
Dimana komponen utamanya tipe ini umumnya terdiri dari Solar cell atau Panel Surya, Controller, Baterai dan Inverter.
2.Tipe Grid Tie atau GTI (memerlukan jaringan PLN) dan ini sistem paling murah dan efesien. Dimana komponen utamanya sistem GTI ini umumnya hanya dua komponen, yaitu Solar cell dan Inverter jenis Grid Tie.
PLTS sistem Off Grid (OG) itu terdiri dari : Solar Cell, Controller, Aki atau Baterai, Inverter. Jadi Listrik Tenaga Surya dengan sistem Off-Grid merupakan komposisi dari berbagai perangkat diatas. Keunggulannya sistem ini yaitu independen, tidak bergantung dengan jaringan listrik PLN. Kekurangannya lebih mahal jika dibandingkan sengan sistem GTI.

Kunjungi situs penjualan kami di www.satu-kata.com untuk mengetahui produk-produk dan mendapatkan promo menarik dari kami di tahun 2015.



Atau silakan menghubungi kami langsung di :
Address : Mendrisio 2 Blok A no 25 Paramount Serpong-Indonesia
Head Office    : (+6221) 2222 0 111
                       (+6221) 2222 0 222
Marketing : Tommy (+6282) 299 779 02
Email : Lucia.tutut@gilang.id


                      Tommy.afrian@gilang.id



No comments:

Post a Comment